30 August 2011

Stripes and Polka ( a Stop Motion Video)


Holla! Di penghujung Agustus ini saya mau menyampaikan sedikit cerita tentang cacing-cacing. Setelah sekian lama terkurung dalam kubangan aktivitas akademis, saya ingin sekali menggeliat. Menggeliat seperti cacing-cacing kalau ketemu cahaya matahari.

Merespon postingan sebelumnya, yaitu tentang 4 pattern yang seringkali kita temui, saya berusaha untuk membuat sesuatu yang baru. Dan inilah yang dapat kami sajikan. Sebuah video stop motion berjudul Stripes and Polka. Melalui video ini juga, kami ingin menyampaikan ucapan selamat lebaran dan liburan. Selamat menyaksikan ya.. :)


Seperti judulnya, tokoh yang berperan di dalamnya adalah Stripes, yaitu cacing dengan motif garis-garis di badannya. Juga Polka, cacing yang punya tutul-tutul dots di badannya. Yap! Pattern menjadi sesuatu yang mencirikan karakter masing-masing. Mereka tidak bersuara, hanya bergerak, bentuknya hampir sama. Yang membedakan hanya motif di badannya saja. Semoga kalian aware dengan karakter mereka. Hehe..

Stripes and Polka

Prosesnya hampir seharian penuh. Malam hari kami berpikir tentang konsep, lalu keesokan paginya kami mengeksekusinya. Persiapan property, lalu pemotretan yang memakan 480-an frames, lalu editing. Dan akhirnya kami dapat menyajikan.

 proses pemotretan

Alasan kenapa kami menggunakan cacing, tidak lebih dari sekedar cacing adalah hewan kecil yang mudah digambar dalam imajinasi saya dan Putri. Bentuknya oval namun panjang. Dan di badannya, ada space kosong yang siap diisi karakter-karakter yang kami inginkan, yaitu dengan pattern sederhana yang sudah saya bahas sebelumnya.

Singkat cerita, mereka dikisahkan sebagai 2 cacing yang sudah saling mengenal tapi terpisah. Dan inilah perjalanan mereka untuk saling bertemu. Begitu saja cerita singkatnya. Mungkin next time, kami akan menyematkan cerita yang lebih panjang biar lebih menarik.

Mengapa sebuah stop motion? Karena kami belum pernah melakukannya. Karena stop motion adalah jalan paling realistis bagi kami untuk menyajikan sebuah sajian gambar gerak. Dan alasan terakhir, karena kami terinspirasi dari sebuah stop motion gila yang digarap oleh salah street artist di luar sana. Cek saja blublu.org . Kalian akan terpana! :D

Jujur, saya juga menyukai hal-hal tentang street art. Mereka itu inspiratif sekali buat saya. Baru-baru ini saya sedang senang membuka web streetartutopia.com.  Banyak sajian tentang street art kelas dunia tentunya. Yang saya salut, tidak hanya gambar yang mereka sajikan, tapi kebanyakan membawa konten tertentu. Ada wacananya. Ringan tapi oke.

 Pattern Stripes and Polka

Kembali lagi ke Stripes and Polka, saya berencana untuk menjadikan project ini berefek ke hal-hal lain. Selain stop motion video, kami akan menyajikan Stripes and Polka menjadi sebuah pattern yang akan diproduksi menjadi printed fabrics. Dan tentunya, nanti akan kami bikin produk fungsional lainnya. Semoga saja kami berhasil. Amin. :)

Melalui Pipette Pattern, kami mengucapkan selamat lebaran dan liburan ya.. terima kasih sudah mau mampir! see you around!

6 comments:

Anonymous said...

such a fun video! nice work!

blogojan said...

thank you s much Alright Moon! hehe :D

thanks for following Pipette :D

Anonymous said...

kalian ini tinggal saling menikahi aja yang belom.

blogojan said...

haish.. apalah itu, Wandirana nan aduhai.. haha :p

iponmega said...

keren! cacing itu binatang paling euww!! tapi disini keren ,, hehe.. salam kenal mas ojan ^^

blogojan said...

huallo iponmega :)
salam kenal juga yaa..
terima kasih sudah berkunjung :D